Pendidikan Nasional dan Tokoh Pendidikan


Selasa, 2 Oktober 2018
Bismillahirrahmanirrahim
Dalam perkuliah filsafat pendidikan pertemuan ketiga dengan dosen Pak Aniq membahas mengenai materi berikut:

Tokoh Pendidikan di Indonesia

Kemajuan Pendidikan di Firlandia ternyata juga berkat Ki Hajar Dewantoro, ini karena Firlandia menganut filsafat Ki Hajar Dewantoro. Indonesia sebagai guru maka bangga bila muridnya berhasil.

Lalu kita sengaja melupakan atau kita dilupakan? Bangsa yang lupa adalah bangsa yang bisa dikategorikan melupakan atau dilupakan, dia melalaikan atau dilalaikan. Jadi kita bangsa yang bodoh atau Belanda yang pinter?

Ketika kita memiliki tokoh yang berpengaruh di Firlandia (kita memiliki filsafat pemikiran Dewantoro) maka jangan lupa.

Mengapa Suwardi Suryaningrat berubah nama menjadi Ki Hajar? Ki berarti orang yang berpengaruh dan Hajar berarti dia seorang pengajar.

Tokoh Pendidikan Lain:

-       Mohammad Syafei

-       Raden Ajeng Kartini, dan lain-lain


Pendidikan Nasional

Pendidikan harus senantiasa dimengerti, pendidikan berasal dari rasa kemerdekaan. Merdeka bukan berarti bebas. Kemerdekaan berarti memamhami batasan. Bebas bukan bergerak seenaknya, bebas disini ada batasan atau ada ruang yang jika ada keluar dari ruang itu berbahaya, misalnya dalam permainan sepakbola tentu ada batasan jumlah pemainnya masing-masing tim 11 orang, bola dalam permainan hanya ada 1, dan lain-lain. Maka disini ada dimensi perbatasan yang disebut norma masyarakat.

Kemerdekaan bersifat:

1.    Berdiri sendiri

2.    Tidak bergantung pada orang lain

3.    Dapat mengatur dirinya sendiri (dimensi kedirian) ada dimensi semesta kesadaran kosmik yang diwakili oleh dirimu yang bergerak atas diri

Manusia harus hidup mandiri, meskipun ada yang bilang bahwa manusia hidup saling ketergantungan namun manusia tidak boleh bergantung pada orang lain dan padahal kamu bisa untuk berbuat mandiri.

Pengajaran nasional adalah pengajaran yang selaras dengan kehidupan dan penghidupan bangsa. Tidak mengabaikan, memahami karakteristik orang Indonesia.




Terimakasih, semoga bermanfaat:)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Roh Jasad

Akal dan Ilmu dalam Filsafat Pendidikan